Jangan Menyekutukan Allah swt Dengan Apapun

Dari jabir bin Abdillah ra berkata: Saya telah mendengar Rasulullah saw bersabda: Ada di dalam apa yang diberikan Allah kepada Nabi Musa as di dalam alwaah sepuluh bab :

1. Hai Musa, jangan menyekutukan Aku desngan sesuatu apapun, sebab Aku telah memutuskan bahwa api neraka akan menyambar muka orang-orang musyrikin (orang-orang yang menyekutukan Allah).

2. Taatlah kepadaKu dan kedua ayah bundamu, niscaya Aku pelihara engkau dari bahaya, dan Aku lanjutkan umurmu dan Aku hidupkan engkau dengan penghidupan yang baik, kemudian Aku pindahkan engkau ke alam yang lebih baik.

3. Janganlah membunuh jiwa yang Aku haramkan decuali dengan hak, niscaya menjadi sempit bagimu dunia yang luas dan langit dengan semua penjurunya dan akan kembali engkau denga murkaKu di dalam api neraka.

Jangan bersumpah dengan namaKu dalam dusta atau durhaka, sebab Aku tidak akan membersihkan orang yang tidak mensucikan Aku dan tidak mengagungkan nama-namaKu.

4. Jangan hasud iri hati terhadap apa yang Aku berikan kepada orang-orang, karena penghasud itu musuh nikmatku, menolak kehendakku membenci kepada pembagian yang Aku berikan kepada hamba-hambaku. Dan siapa yang tidak meninggalkan hasud itu maka ia bukan daripadaKu.

5. Jangan menjadi saksi terhadap apa yang tidak engkau ketahui dengan benar-benar dan engkau ingati dengan akalmu dan perasaanmu, sebab Aku akan menuntut saksi-saksi itu dengan teliti atas persaksian mereka.

6. Jangan mencuri

7. Jangan berzina dengan istri tetanggamu niscaya Aku hijab wajahKu daripadamu dan Aku tutup pintu-pintu langit dari padamu.

8 Jangan menyembelih kurban untuk selain Aku , maka Aku tidak menerima kurban kecuali yang disebut namaKu dan ikhlash untukKu.

9. Cintailah terhadap sesama manusia apa yang engkau suka untuk dirimu sendiri.

10. Kosongkan hari Sabtu itu hanya untuk beribadah kepadaku demikian pula liburkan anak keluargamu.

Kemudian Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya Allah menjadikan hari Sabtu itu hari raya untuk Nabi Musa as dan Allah memilihkan untukku hari Jum'at sebagai hari raya.