Keistimewaan Nabi Muhammad s.a.w.

Di hari kiamat kudatangi pintu surga, lalu kuminta dibukakan. Malaikat penjaga surga bertanya: "Siapa Engkau?" lalu kujawab: "Muhammad". Dia berkata: "Karena engkaulah aku diperintahkan agar tidak membuka pintu surga bagi seorangpun sebelum engkau."

Di antara keistimewaan yang dimiliki Nabi Muhaamad s.a.w. adalah beliau orang pertama yang membuka pintu surga, sehingga malaikat penjaga pintu surga berkata: "Aku diperintahkan agar tidak membukakan pintu surga kepada siapapun sebelum engkau."

Hal ini jelas menunjukkan betapa tingginya kedudukan Nabi Muhammad s.a.w. di sisi Allah swt, maka tidak heran apabila beliau dijuluki sebagai makhluk Allah yang paling mulia dan terhormat, sebagai pemilik Syafa'atul 'Udzma. Hal ini digambarkan jelas dalam hadits: "Manakala para nabi tidak ada yang berani menghadap Allah swt untuk memohon syafaat." Dalam hadits lain disebutkan bahwa ketika Nabi saw menghadap kepada Allah swt dan bersujud kepadaNya, Allah berfirman kepadanya: "Mintalah, pasti Kuberi, mintalah syafaat, niscaya Kuberi izin untuk memberi syafaat."