GHIBAH (Membicarakan Aib Orang Lain)

QS Al Hujurat : 12

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa. Dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain. Dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang."

Diriwayatkan oleh Imam Baihaqi, Thabrani, Abusy Syaikh, dan Ibnu Abid Dunya dari Jabir dan Abu Sa'id bahwa Rasulullah saw bersabda:

"Berhati-hatilah kamu, jangan sampai menyebut kejelekan orang lain. Karena sesungguhnya menyebut kejelekan orang lain lebih sulit diampuni dosanya daripada zina. Ada orang yang bertanya kepada beliau, "Sesungguhnya seorang lelaki terkadang berzina, lalu (ia bertobat) dan Allah menerima taubatnya. Dan sesungguhnya orang yang menyebut kejelekan orang lain tidak akan diampuni dosanya sehingga orang yang disebut kejelekannya mengampuni pada orang yang menyebarkan kejelekannya itu."